Skip to main content

Les privat & bimbel dukung prestasi belajar. Walaupun zaman saat ini sudah semakin mudah mencari sumber informasi, namun bukan hal yang aneh jika anak kesayangan Bunda memiliki kesulitan dalam proses belajarnya.Bisa saja saat ini, Bunda sebagai orang tua pun merasakan kesulitan untuk mengikuti perkembangan belajar anak di sekolah.

Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan jasa bimbel (bimbingan belajar) atau guru les privat untuk membantu kesulitan belajar anak-anak Bunda. Namun, ada pertimbangan yang harus diperhatikan ketika memilih tempat bimbel atau guru les privat. Berikut 4 hal yang harus Bunda perhatikan saat memilih Bimbel atau Guru Les Privat untuk anak tercinta.

Apa saja, ya? simak tips berikut ini!

  • Jangan sungkan untuk menyampaikan keinginan Bunda pada Bimbel

    Ceritakan semua yang Bunda inginkan terkait kualitas belajar anak, karena Bunda yang paling tahu karakter si kecil, maka bicarakan dengan bimbel guru seperti apa yang cocok dengan anak Bunda. Misalnya anak Bunda pendiam dan lebih cocok dengan guru yang ramah dan ceria.

  • Cari Referensi dari Orang Lain

    Sangat disarankan untuk mendengarkan & mempertimbangkan referensi dari orang lain seperti sahabat atau keluarga, terutama jika orang lain tersebut sudah menggunakan dan merasakan layanan yang diberikan oleh jasa bimbel tersebut.

    Tidak semua bimbel kecil atau personal dijalankan secara tidak profesional, dan bisa juga tidak semua bimbel yang baru beroperasi 2-5 tahun tidak kalah bagusnya dari bimbel yang sudah puluhan tahun beroperasi, bahkan ada beberapa yang lebih baik dibandingkan bimbel besar.

  • Arahkan Anak Bunda untuk Mengenal dengan Baik Profil Guru Lesnya

    Ketika sudah mendapatkan guru les, segera arahkan anak Bunda untuk berkenalan dengannya. Bunda juga bisa memberitahu guru les tersebut karakter anak Bunda sehingga dia bisa menyiapkan teknik belajar yang cocok sesuai dengan karakter dan gaya belajar anak Bunda.

    Arahkan anak dan guru les untuk menjalin hubungan yang harmonis. Sehingga nantinya, guru les juga akan jadi tidak segan untuk membicarakan perkembangan si kecil dengan Bunda.

BACA Juga: Siapa itu Guru Inspiratif Educate?

  • Berikan Waktu yang Cukup untuk Anak Beradaptasi & Jangan Memaksa Anak

    Biasanya ada waktu-waktu tertentu anak Bunda akan merasa jenuh dan tidak mau mengikuti proses belajar di Bimbel / les privat.

    Tidak perlu terlalu memaksakannya, apalagi jika memang anak Bunda sedang lelah atau kondisi tubuh kurang sehat. Bunda bisa membujuk anak untuk mengajukan jadwal ulang (reschedule) dan jangan lupa memberitahu pihak bimbel dan guru les.

    Pada umumnya, selama dua sampai tiga kali pertemuan biasanya pihak bimbel atau guru les dan anak Bunda masih mencari sistem belajar yang efektif dan nyaman disesuaikan dengan gaya belajar dan karakter anak Bunda.Di tahap ini, Bunda cukup mengamati serta mendampingi dan bisa memberikan masukan juga bagi guru les.

    Jika sudah beberapa kali pertemuan dan anak Bunda masih belum nyaman dengan guru lesnya Bunda bisa minta pengganti pada pihak bimbel dan beritahu di mana letak ketidakpuasan Bunda, sudah tentu pihak bimbel dengan senang hati menerima saran dan masukan dari Bunda.

  • Berikan Reward untuk Guru Les Privat dan Anak

    Bunda bisa mengukur keberhasilan guru les dengan memeriksa apakah ada kenaikan nilai, perbaikan prestasi belajar maupun perubahan sikap positif pada anak Bunda.

    Misalnya anak Bunda tadinya malas dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika tetapi sejak les malah jadi rajin dan nilainya membaik, atau contoh lainnya misalkan anak Bunda yang awalnya tidak rajin ibadah tetapi sejak ikut bimbel malah semakin rajin dan berkualitas ibadahnya.

    Tidak ada salahnya untuk memberi bingkisan kecil sebagai reward pada guru les dan juga anak.

Leave a Reply

Berikan hadiah terbaik untuk masa depan Ananda yang istimewa Tanya Kami!